Rabu, 10 Agustus 2011

Jenis jenis kertas

Secara umum semua orang mengetahui aneka macam kertas dari apa yang mereka temukan sehari hari, di perkantoran, sekolah dan dirumah kita sering menjumpau bergabai jenis kertas yang sudah dikemas dalam bentuk kardus, buku, label, brosur, kalender dan sebagainya.beberapa aneka jenis dan macam kertas dibawah ini mudah-mudahan bisa menemukan apa yang anda cari selama ini, atau setidaknya bisa menambah wawasan kita mengenal jenis macam kertas ;
1. HVS
Bahan kertas ini umumnya sering dipakai untuk Percetakan, Fotocopy / Printer Deskjet. kertas jenis ini banyak dijual di toko-toko buku (kertas merk Sinar Dunia, paperone, Gold, dsb) gramasi yang umum dipakai 70gr, 80gr, 100gr. Ukuran kertas yang sering digunakan a4, F4, B5, A3.
2. Art/Matt Paper
Bahan kertas untuk brosur, karena permukaannya yang licin(art), atau yang semi doff (matt). selain karena licin, hasil yang dihasilkan juga bagus, karena raster kertasnya halus gramasi yang umum dipakai 100g, 120gr, 150gr.
3. Art Karton
Bahan kertas ini sama seperti art paper, cuma gramasinya lebih tebal. Banyak digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, co profile, brosur, dan cetakan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal.  Umumnya setelah di cetak, bahan ini di lapisi laminating lagi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai 190g, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 360gr.
4. Duplex (coated)
Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya. sisi depan putih, sisi belakangnya abu-abu. Jadi yang dicetak cuma 1 sisi, bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan box. karena harganya yang relatif murah dibandingkan bahan lainnya. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400gr.
5. CWb/duplex putih
Sama seperti duplex cuma bedanya bagian dalamnya putih,sehingga kelihatan lebih bersih. Banyak digunakan untuk box – box makanan. Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.
6. Ivory
Bahan ivory ini hampir sama seperti art karton, 2 bagian sisinya berwarna putih tetapi tidak seputih art karton. Yang membedakan art karton 2 sisinya lebih licin dan ivory hanya 1 sisi yang licin, hampir seperti kertas duplex tetapi kertas duplex permukaannya lebih halus. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box kosmetik, karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr, 250gr, 270gr, 300gr, 350gr.
7. Samson kraft
Warna kertasnya coklat muda, bahan dasar yang digunakan daur ulang, permukaannya kasar. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena kesannya klasik, jadi bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag (khususnya untuk distro jeans) karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum di gunakan 150gr , 220gr(kartoon).
8. Bw / BC / Linen Jepang / Concord
Kertas ini bertexture, biasanya digunakan untuk kop surat / sertifikat. Terdapat berbagai warna. Biasanya gramasinya cuma tersedia 1 macam, misalnya 220gr-250gr.
9. Jasmine
Bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan, kertasnya agak gliter 2x warna kuning. Gramasinya umumnya cuma 1 ukuran.
10. Corugated (gelombang)
Sesuai namanya, corugated ini karton gelombang. (seperti box indomie, dibagian dalamnya ada gelombang). Box ini kalau di cetak umumnya di tempel lagi, ada yang ditempel menggunakan kertas duplex, kraft atau hvs. Sehingga jika dicetak fullcolor, harus dicetak dulu pada bahan kertas lain kemudian selanjutnya baru di tempelkan. Untuk ketebalannya bahan ini dikategorikan B flute (gelombang besar) & E flute (gelombang kecil).
* dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar